Jumat, 31 Maret 2017

TUGAS TERSTRUKTUR II

1. Buatlah video pendek berdurasi tiga menit secara berkelompok tentang percobaan kimia untuk jenjang         SMA ! 
2. Buatlah alat peraga sederhana dengan memanfaatkan bahan bekas untuk kegiatan pembelajaran kimia jenjang SMP ! 

Jawab : 
 1. untuk tugas pertama, yaitu mengenai pembuatan video berdurasi pendek tentang percobaan sederhana di SMA, kelompok kami melalukan percobaan mengenai KOLOID. Dimana kami menggunakan sabun dan minyak untuk menciptakan hasil akhir yang berupa koloid. Seperti yang kita ketahui, bahwa minyak dan air sulit untuk menyatu. akan tertapi dengan ditambahkannya sabun, minyak akan larut dalam air dan juga sabun. untuk lebih jelasnya dapat di lihat video percobaan kami pada link berikut :


2. untuk pembuatan alat peraga pada siswa SMP. kami membuat alat peraga berupa serangkaian bahan bekas. dengan konsep utama yaiitu untuk menerangkan hukum Gays-Lussac. 

untuk lebih lengkapnya klik link berikut : 

22 komentar:

  1. selain sabun , adakah senyawa lain yang dapat membuat minyak dan sabun menjadi 1 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain sabun, deterjen juga dapat menyatukan minyak dalam air, hal ini karena sifat antara sabun dan deterjen hampir sama

      Hapus
  2. Apa yang sulit dari materi tersebut dan kenapa anda memilih alat peraga tersebut? Jelaskan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari hukum gay- lussac, hal yang sulit adalah penentuan pengaruh suhu terhadap pertumpukan partikel yang ada didalamnya. alasannya kami menggunakan alat peraga tesebut karena mudah didapatkan dan dapat mengilustrasikan bagaimana pengaruh suhu terhadpan tekanan dan pertumpukan partikel didalamnya.

      Hapus
  3. berikan contoh dari peneran hukum gay lussac ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam hal ini penerapan hukum gay-lussac yaitu tentang perbandingan volume dan tekanan. dimana, Suatu persamaan reaksi kimia yang menyatakan terlibatnya suatu pereaksi atau hasil reaksi yang berwujud gas memiliki koefisien reaksi sehingga jumlah atom-atom pereaksi dan hasil reaksi dalam persamaan reaksi tersebut setara.

      Koefisien reaksi dalam persamaan reaksi tersebut menyatakan perbandingan volume gas pada temperatur dan tekanan yang sama. Perhitungan volume gas-gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan Hukum Gay Lussac juga dapat dinyatakan:

      "Perbandingan koefisien dalam reaksi kimia = perbandingan volume pada keadaan suhu dan tekanan yang sama."

      Hapus
  4. jelaskan latar belakang anda memilih materi tersebut untuk dijelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya memilih materi tersebut dikarenakan banyak yang beranggapan bahwa koloid dan hukum gay-lussac itu sulit untuk dipahami, sebenarnya jika kita mengetahui maksud dari materi tersebut, kita dapat memahami permasalahan yang ada pada materi tersebut. karena itulah saya membuat sebuah media untuk membantu memperjelas materi tersebut agar dapat dipahami dengan mudah dan semoga bermanfaat untuk kedepannya

      Hapus
  5. Menurut anda apakah penggunaan alat peraga tersebut sudah efektif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika ditanya pendapat saya, menurut saya belum efektif. karena seperti yang kita ketahui tak ada media yang efektif dalam menjelaskan sesuatu, semua media pasti mempunya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. tidak ada media yang lebih unggul dari media lainnya. hal ini tergantung bagaimana cara kita menyampaikan materi dengan mengunakan media tersebut

      Hapus
  6. apakah untuk membuat koloid dari miyak dan abun terdapat perbandingan tertentu dalam mencampurkan minyak dan sabun sehingga terbentuk koloid?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbandingan yang digunakan 1:1 lebih efektif untuk melihat perubahan yang terjadi pada minyak saat ditambahkan sabun

      Hapus
  7. apakah yang menjadi latar belakang anda membuat media ini dalam menyampaikan materi ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti pertanyaan sebelumnya,saya memilih materi tersebut dikarenakan banyak yang beranggapan bahwa koloid dan hukum gay-lussac itu sulit untuk dipahami, sebenarnya jika kita mengetahui maksud dari materi tersebut, kita dapat memahami permasalahan yang ada pada materi tersebut. karena itulah saya membuat sebuah media untuk membantu memperjelas materi tersebut agar dapat dipahami dengan mudah dan semoga bermanfaat untuk kedepannya

      Hapus
  8. Dari media yang Anda gunakan materi koloid yang bagaimana yang ingin Anda sampaikan kepada siswa saya belum mengerti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini saya menjelaskan bahwa dari pencampuran minyak, sabun dan air itu hasil sampingnya berupa koloid. hal ini karena hasil samping bersifat stabil, homogen, tidak dapat disaring, dan terdapat 2 fasa antara busa sabun dan air.

      Hapus
  9. Apakah media ini sudah bisa membuat siswa tertarik belajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketertarikan siswa dalam suatu materi itu, bisa dimulai dari rasa penasaran yang dibuat pengajar dalam menyampaikan materi, jika dalam media ini kita dapat membuat siswa tertarik maka siswa itu akan lebih memperhatikan penyampaian materi dari pengajar

      Hapus
  10. jelaskan proses pembuatan alat peraga ini!

    BalasHapus
  11. apa ayng melatarbelakangi sehingga anda memilih media pembelajaran ini?

    BalasHapus
  12. Adakah kendala dalam membuat media ini ? Jelaskan

    BalasHapus